Analisis Estetika Visual Pada Malang Creative Center Sebagai Citra Kota Kreatif

Authors

  • Moh Lutfi UPN "Veteran" Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/isaintek.v7i1.190

Keywords:

Arsitektur, Citra kota, estetika visual, creative center

Abstract

Kota Malang yang menyandang julukan kota kreatif pada tahun 2021 melalui keputusan yang ditetapkan oleh kemenparekraf tentang penetapan kabupaten dan kota kreatif Indonesia. Keputusan Ini adalah salah satu upaya untuk meningkatkan potensi ekonomi kreatif di Tanah Air, dengan Kota Malang menjadi satu-satunya kota di Jawa Timur yang dipilih sebagai Kota Kreatif 2021. Malang creative center adalah bangunan pusat kegiatan kreatif di Kota Malang yang dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai wadah untuk mengembangkan kemampuan kreatif masyarakat. Sebagai pusat kegiatan kreatif, estetika visual Malang Creative Center harus mencerminkan fungsi bangunan yang mengakomodir kegiatan kreatif yang ada di dalamnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan pendekatan kajian literatur, yaitu menggunakan pengumpulan data menggunakan metode manajemen data dan metode analisis, serta melakukan eksplorasi penerapannya pada obyek terbangun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa estetika bangunan Malang Creative Center cukup mencerminkan sebagai bangunan pusat kreatif melalui bentuk dan ornamen pada bangunan.

References

Richard Kamurahan, S., Studi Arsitektur, P., (2014). Studi Persepsi Masyarakat Terhadap Estetika Desain Fasade Bangunan Dengan Pendekatan Teori Subyektif. MEDIA MATRASAIN, 11 (2)Risdwiyanto, A. & Kurniyati, Y. (2015). Strategi Pemasaran Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Sleman Yogyakarta Berbasis Rangsangan Pemasaran. Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, 5(1), 1-23. http://dx.doi.org/10.30588/SOSHUMDIK.v5i1.142.

Ching, F. D. K. (2012). Architecture: Form, Space, and Order. Germany: Wiley.

Akbar Ali, A. Jurusan Arsitektur. Soekarno Hatta No.KM. 9, Tondo, Kec. Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah. (2009). Identitas Kota, Fenomena Dan Permasalahannya. Ruang. 4(1)

Yunianti, E. Pendidikan Seni P. (2015). Estetika Unsur-Unsur Arsitektur Bangunan Masjid Agung Surakarta. Catharsis: Journal of Arts Education Info Artikel. In CATHARSIS (Vol. 4, Issue 1).

Hastuti, T., At, M., Puspitasarie, E., & Ekonomi, F. (2019). Seminar Nasional Hasil Riset Prefix-REB STRATEGI PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DI MALANG RAYA.

A. Putri dan S. Muchlisiniyati, “KAJIAN ESTETIKA VISUAL BANDUNG CREATIVE HUB SEBAGAI REPRESENTASI IDENTITAS KOTA,” BORDER, vol. 2, hlm. 37–44, Jun 2020, doi: 10.33005/border.v2i1.46.

Moughtin, C. (2007). Urban design: street and square. Routledge.

Scheffler, N. (2009). Identity And The City: Urban Identity an Asset for sustainable Development in Times ofg Globalization. In URBACT Annual Conference.

FAUZIAH, N., & BINAAN, A. L. KUALITAS VISUAL FASADE BANGUNAN.

Sumarandak, M. E., Tungka, A. E., & Egam, P. P. (2021). Persepsi Masyarakat Terhadap Kawasan Monumen Di Manado. Spasial, 8(2), 255-268.

Downloads

Published

2024-04-26

How to Cite

Lutfi, M. (2024). Analisis Estetika Visual Pada Malang Creative Center Sebagai Citra Kota Kreatif. Jurnal Informasi, Sains Dan Teknologi, 7(1), 82–93. https://doi.org/10.55606/isaintek.v7i1.190