Studi Dimensi Utama dan Parameter Hidrostatis Kapal Purse Seine di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan
DOI:
https://doi.org/10.55606/isaintek.v5i01.111Keywords:
Parameter hidrostatis, dimensi utama, purse seineAbstract
Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan sejak dahulu dikenal sebagai wilayah yang banyak menghasilkan berbagai macam kapal yang terbuat dari kayu. Pembuatan kapal diwilayah tersebut masih menggunakan metode tradisional yaitu kapal yang dibuat tanpa proses perencanaan pembuatan kapal yang matang (kebiasaan turun temurun) sehingga dalam proses pembuatannya tidak memperhatikan efisiensi dan efektifitas pemanfaatan bahan baku, pemanfaatan ruang dan penggunaan mesin kapal ikan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis dimensi utama dan parameter hidrostatis kapal purse seine di Kabupaten Bulukumba dan Re-desain kapal purse seine berdasarkan karakteristik perairan yang dijadikan fishing ground. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan pada bulan Maret- April 2017. Metode Penelitian ini adalah melakukan survey dan pengukuran kapal purse seine , wawancara langsung di lapangan terkait dimensi utama kapal, parameter hidrostatis dianalisis melalui aplikasi software Maxsurf. Hasil analisis menyimpulkan bahwa rasio dimensi utama kapal purse seine di Bulukumba kebanyakan tidak sesuai nilai acuan, bentuk badan kapal purse bagian haluan berbentuk “V-bottom”, dan bagian midship hingga buritan berbentuk Round bottom. Nilai parameter hidrostatis kapal purse seine telah memenuhi karakteristik kapal purse seine yang beroperasi di perairan Bulukumba, Sulawesi Selatan.
References
Ayodhyoa. (1972). Suatu Pengenalan Fishing Gear. Bogor : Fakultas Perikanan, Institut Pertanian Bogor. Diacu dalam Rahayu, R.I. 2006. Stabilitas Statis Kapal Purse Seine Muncar [Skripsi]. Bogor : Departemen Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor
Ayodhyoa AU., Sondita MFA. (1996). Tinjauan terhadap dimensi utama kapal purse
seine di beberapa tempat di Indonesia. Fakultas Perikanan, Institut Pertanian Bogor. Buletin PSP 5(2): 46 – 55.
Farhum, (2007). Stabilitas Kapal Pole and Line pada Berbagai Kondisi Muatan, Torani.Vol 17 (2) Edisi Juni 2007 ISSN : 0853-4489, Makassar.
Fyson, J. (1985). Design of Small Fishing Vessels. England : Fishing News Book.
International Maritime Organization. 1995. Code on Intact Stability for All Type
Ships. Covered by IMO Instruments Resolution A. 749 (18).
International Maritime Organization. 1995. Code on Intact Stability For All Type of Ships
Covered by IMO Instruments Resolution A. 749 (18).
IMO. (2001). International Convention for the Safety of Life at Sea (SOLAS), 1974 and
Protocol relating thereto Amendments 2000, London.
Iskandar, B.H dan S. Pujiati. (1995). Keragaan Teknis Kapal Perikanan di Beberapa Wilayah Indonesia (laporan penelitian). Bogor : Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan, Institut Pertanian Bogor.
Iskandar, B.H dan Y. Novita. (1997). Penuntun Praktikum Kapal Perikanan. Bogor : Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan, Fakultas Perikanan, Institut Pertanian Bogor.
Lendri. ( 2013). Stabilitas Statis Kapal purse seine di Kabupaten Takalar Sulawesi
Selatan. Jurnal Adiwidia edisi September Vol III. 2013.
Novita, Y, dan Iskandar, B.H. (2008). Hubungan Antara Bentuk Kasko Model Kapal Ikan Dengan Tahanan Gerak. Bulletin PSP 17(3): 315 – 324.
Novita,et al. (2016). Desain kapal Kapal Purse Seine Modifikasi di Kabupaten Bulukumba
Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Perikanan dan Kelautan Volume 6 Nomor 2 : 125 – 136.