Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Transportasi Bus Damri Terhadap Kinerja Pelayanan Angkutan Umum (Trayek Sumbawa– Mataram)
DOI:
https://doi.org/10.55606/isaintek.v6i02.117Keywords:
Bus Damri; , CSI; , KepuasanAbstract
Angkutan umum perkotaan merupakan sarana transportasi yang saat ini masih banyak digunakan di daerah perkotaan karena mudah diakses dengan biaya yang cukup terjangkau. Oleh karena itu, sebagai sarana transportasi yang diandalkan oleh masyarakat untuk menunjang kegiatannya, angkutan umum harus memiliki kualitas pelayanan yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bentuk tarikan-bangkitan Bus Damri dan untuk mencari tingkat kepuasan pengguna jasa terhadap kinerja Bus Damri di Kabupaten Sumbawa. Tingkat kepuasan dihitung dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI). Untuk menentukan kualitas jasa pelayanan digunakan metode SERVQUAL (Service Quality), yang meliputi dimensi reliabilitas (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty), dan bukti fisik (tangibles). Hasil analisis dengan metode Customer Satisfaction Index (CSI) menghasilkan nilai sebesar 88,13 %, artinya secara keseluruhan tingkat pelayanan angkutan Bus Damri di Kabupaten Sumbawa puas.
References
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Fadhilah, M. W. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bus Kota DAMRI terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Penumpang Bus Kota DAMRI Bandung). Perpustakaan Digital Politeknik Negeri Bandung.
Faizin, A. (2017). Tingkat Kepuasan Penumpang terhadap Kualitas Pelayanan Angkutan Perintis Kabupaten Jember. Konferensi Nasional Teknik Sipil dan Infrastruktur – I.
Djoko Setijowarno, R. B. Frazila. (2001). Pengantar Sistem Transportasi, Semarang: Universitas Katolik Soegijapranata.
Hutchinson, B. (1974). Principles of Urban Transport System Planning, McGraw Hill, Singapura.
Johnson, B. (2012). Educational Research. London: SAGE Publications, Inc.
Kamaluddin, R. (2003). Ekonomi Transportasi : Karakteristik, Teori dan Kebijakan. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Kotler, Philip. (1999). Marketing. Edisi Kedelapan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, P. (2003). Marketing Management. Prentice Hall: New Jersey.
Nasution, N. (2004). Manajemen Transportasi. jakarta: Ghalia Indonesia.
Pradita, R. (2020). Studi Kepuasan Pengguna Jasa Angkutan Petikemas terhadap Pelayanan Kereta Api. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil.
Prima, G. R. (2020). Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Terhadap Pelayanan Angkutan Umum Perkotaan di Kota Tasikmalaya. SIKLUS Jurnal Teknik Sipil.
Sevilla, C. (2006). Penganar Metode Penelitian. (A. Tuwu, Ed.). Jakarta: UI-Press.
Siregar, S. (2016). Statistika Deskriptif untuk Penelitian Dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Tamin Ofyar, Z. (2000). Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. ITB Bandung.