Analisis Preferensi Penggunaan E-Payment Pada Konsumen Generasi Z di Kabupaten Fakfak

Authors

  • Muh. Fachruddin Politeknik Negeri Fakfak
  • Tri Bata Biru Saputri Politeknik Negeri Fakfak

DOI:

https://doi.org/10.55606/isaintek.v6i02.161

Keywords:

Epayment, Preferensi, Generasi Z

Abstract

Aspek kehidupan dan perilaku masyarakat telah banyak berubah akibat dari perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat. Aspek keuangan merupakan salah satu yang terpengaruh yang ditandai dengan telah dilakukannya transaksi jual beli menggunakan pembayaran digital (electronic payment). Hal tersebut dipicu oleh peningkatan kemampuan literasi keuangan masyarakat terutama genersai muda. Kabupatan Fakfak salah satu kabupaten yang termasuk dalam wilayah Provinsi Papua Barat diman Pemerintah Daerah terus mendorong masyarakat untuk beralih melakukan transaksi keuangan secara digital karena lebih cepat, mudah, aman, dan andal. Generasi Z telah terbiasa dengan informasi yang mudah diakses melalui internet dan memiliki kemampuan yang lebih dalam menggunakan teknologi informasi salah satunya dalam menggunakan transaksi pembayaran digital (E-payment). Penelitian ini bertujuan untuk memahami secara mendalam tentang preferensi penggunaan e-payment, kendala yang dihadapi, dan solusi yang diinginkan oleh konsumen Genresai Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam sebagai metode utama pengumpulan data. Sampel penelitian terdiri dari konsumen Generasi Z yang beragam latar belakang, pengalaman, dan preferensi terkait penggunaan e-payment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa preferensi penggunaan e-payment pada konsumen Generasi Z di Kabupaten Fakfak dipengaruhi oleh beberapa faktor. Kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi, kenyamanan serta fleksibilitas dalam pembayaran menjadi alasan utama dalam memilih e-payment.

References

A. Turner. (2015). Generation Z: Technology and Social Interest. J. Individ. Psychol., 71(2), 103–113.

Cresswell, J. C. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. USA: Sage Publications, Inc. .

Fachruddin, M., Nur, M., & Basri, H. (2022). Collaborative Governance dalam Pengembangan UMKM pada Era Revolusi Industri 4.0 di Kabupaten Fakfak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6).

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020, April). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1).

Hermawan, V. K., & Paramita , E. L. (2020). Trust dan Perceived Usefulness dan Pengaruhnya Terhadap Preferensi Konsumen Dalam Menggunakan E-wallet. Jurnal Ekobis: Ekonomi, Bisnis & Manajemen, 10(2).

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. England: Pearson Education.

Mahyuni, L. P., & Paramitha, N. A. (2022). Preferensi Generasi Milenial Dalam Menggunakan E-Wallet Di Kota Denpasar. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana, 11(5), 583-592.

Meitry, A. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Gen-Z Dalam Penggunaan Quick Response Code Indonesian Standard (Qris) Sebagai Teknologi Pembayaran Digital. Contemporary Studies In Economic, Finance, And Banking, 1(1).

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kulalitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nawawi, H. H. (2020, Desember). Penggunaan E-wallet di Kalangan Mahasiswa 189 Universitas Hasanuddin. Jurnal Emik, 3(2).

Perkasa, H. R., & Setiawati , C. I. (2020). Analisis Preferensi Konsumen Dalam Memilih Electronic Wallet (E-Wallet) Di Kota Bandung. e-Proceeding of Management : Vol.7, No.2 Agustus, 7(2), 3536.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuki Reza. (2019). Analisis Faktor-Faktor Sukses Sistem E-payment. Jurnal Riset Sains Manajemen, 3(1).

Yutaviando, A., & Fazaalloh , A. (2019). Analisa Determinan Preferensi Transaksi Non-Tunai (Studi Kasus Penggunaan E-Money Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Muh. Fachruddin, & Saputri, T. B. B. (2023). Analisis Preferensi Penggunaan E-Payment Pada Konsumen Generasi Z di Kabupaten Fakfak. Jurnal Informasi, Sains Dan Teknologi, 6(02), 93–103. https://doi.org/10.55606/isaintek.v6i02.161