Bentuk Strategi Bisnis Usaha Kopra Putih di Katumbangan Lemo

Authors

  • Atirah Atirah Jurusan Syariah dan Ekonomi Bisnis Islam STAIN Majene
  • Nur Astaman Putra Jurusan Syariah dan Ekonomi Bisnis Islam STAIN Majene
  • Nengsi Warna Sari Jurusan Syariah dan Ekonomi Bisnis Islam STAIN Majene

DOI:

https://doi.org/10.55606/isaintek.v5i02.53

Abstract

Manajemen strategi bisnis menjadi sangat penting bagi para pebisnis. Hal tersebut untuk meningkatkan keuntungan usaha dan perkembangan bisnis yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk strategi bisnis yang diterapkan dalam usaha kopra putih di Katumbangan Lemo Kabupaten Polewali Mandar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yakni sebuah penelitian lapangan (field research) kemudian hasilnya dianalisis secara deskripsi dan disusun secara sistematis. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa bentuk strategi bisnis yang dilakukan oleh pengusaha kopra putih di Katumbangan Lemo yakni menggunakan sistem panjar, memberikan piutang, menawarkan kepada pihak pemilik modal untuk berinvestasi, meningkatkan kualitas produksi kopra putih, mengirim produksi kopra putih langsung ke perusahaan, mengoptimalkan pengambilan bahan baku langsung kepada petani, dan memperbanyak produksi kopra putih.

References

Iswarini,Harniatun. Ningrum, Puri Pratami Ardina.Setiawati,Eka. (2022). Strategi Pemasaran Usaha Kopra Putih Di Desa Manggar Raya Kec.Tanjung Lago Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatra Selatan. J-PEN Borneo: Jurnal Pertanian Vol.5 No.2

Kurniawan.Sawitri,Nina.Afiza,Yeni. (2021). Strategi Pengembangan Usaha Kopra Putih di Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupate Indragiri Hilir. Jurnal Agribisnis Unisi Vol10 No.1.

Mustajib,M.Imron. Burhan. (2014). Peningkatan Adde Value Kopra Putih dengan Metoda Indirect Drying. Jurnal Agrointek. Vol 8. No.1

Nanda Firmanda & Lukman Mohammad. (2020).Analisis Pemasaran Pinang di Kabupaten Bireuen, Provinsi Aceh. Jurnal Agribisnis Indonesia (Journal of Indonesian Agribusiness), Vo.10 No.1.

Rahayuningsih, (2013). Strategi Pemasaran Buah di UD. Wika Mitra Desa Kerobokan Kecamatan Kuta Utara. Jurnal Manajemen Agribisnis, Vol 13, No. 2, Juli 2013

Rangkuti, Freddy. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Indonesia.

Rosiana, N. (2020). Dinamika Pola Pemasaran Kopi pada Wilayah Sentra Produksi Utama di Indonesia. Jurnal Agrosains dan Teknologi. Vol:5. No:1

Rosmadi, Maskarto Lucky Nara.(2021). Penerapan Strategi Bisnis di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal IKRA-ITH Ekonomika Vol 4 No 1

Turukay M. 2011. Analisis Daya Saing Ekspor Kopra Indonesia di Pasar Dunia - Jurnal Budidaya Pertanian volume 6 nomor 2 Desember 2011

Wahyuni, P. (2021). Strategi Pemasaran Kelapa Gongseng (U Neulheu) Di Gampong Cot Pu’uk Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen. Jurnal Sains Pertanian, Vol.11.No.1, 14- 22.

Downloads

Published

2023-02-13 — Updated on 2023-02-14

How to Cite

Atirah, A., Putra, N. A., & Sari, N. W. (2023). Bentuk Strategi Bisnis Usaha Kopra Putih di Katumbangan Lemo. Jurnal Informasi, Sains Dan Teknologi, 5(02), 24–33. https://doi.org/10.55606/isaintek.v5i02.53