Desain Interface Costumer Relationship Management (CRM) (Studi Kasus : CV Mediatama Percetakan)

Authors

  • Farid Fitriyadi universitas sahid surakarta
  • Erna Indriastiningsih Universitas Sahid Surakarta
  • Moh Erkamim Jurusan Sistem Informasi Kota Cerdas, UTP Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/isaintek.v5i02.60

Keywords:

CRM, pelanggan, Framework of Dynamic (CRM)

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah strategi yang digunakan oleh suatu perusahaan untuk dapat mengkontrol, pengecekan, menciptakan dan mempertahankan suatu hubungan yang baik dan berkelanjutan dengan pelanggannya dan mengurangi kemungkinan para pelanggannya pindah ke perusahaan atau rekanan lain. CV Mediatama Percetakan merupakan sebuah perusahaan yang menjual berbagai macam buku pendidikan. CV Mediatama Percetakan membutuhkan sebuah strategi untuk dapat menjalin hubungan dan meningkatkan layanan kepada pelanggannya agar pelanggannya tetap loyal kepada CV Mediatama. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun sebuah Tampilan Website / Interface Customer Relationship Management (CRM) yang berbasis web pada CV Mediatama agar menjalin hubungan dan meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan. Desain Interface Website  CRM menggunakan model prototype. Dari penelitian ini akan menghasilkan sebuah Desain Interface Customer Relationship Management (CRM) berbasis web yang kemudian akan di uji dengan menggunakan metode pengujian Black-Box ,yaitu menguji perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional tanpa menguji desain dan kode program. Dengan perancangan dan pembangunan Customer Relationship Management (CRM) ini diharapakan CV Mediatama dan menjalin hubungan yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan layanannya kepada pelanggan.

References

Cerrato, (2013). "The Meaning of Colors." (2013). http://hermancerrato.com/graphicdesign/images/color-images/the-meaning-of-colors-book.pdf.

Rahadi, D. R. (2014). Pengukuran usability sistem menggunakan use questionnaire pada aplikasi android. JSI: Jurnal Sistem Informasi (E-Journal), 6(1).

Fakhruddin, D., Sachari, A., & Haswanto, N. (2019). Pengembangan Desain Informasi dan Pembelajaran Aksara Jawa melalui Media Website. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 5(01), 1-23.

Ford, C. (2017). "Examples of Unique Website Layouts. https://webflow.com/blog/examplesof-unique-website-layouts.

Kuswanto, H. (2017). Analisis Prinsip Layout and Composition pada Web Design Perusahaan PT. Bank Rakyat Indonesia, Tbk dan PT. FIF Group berdasarkan Buku “The Principle of Beautifull Website Design By Jason Beaird”. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 2(1), 1-7.

Miller, G. T., & Spoolman, S. (2011). Living in the environment: principles, connections, and solutions. Cengage Learning.

Plattner, H. (2010). "An Introduction to Design Thinking Process Guide." Institute of Design.

Rahmasari, E. A., & Yanuarsari, D. H. (2017). Kajian usability dalam konsep dasar user experience pada game †œabc kids-tracing and phonics†sebagai media edukasi universal untuk anak. Demandia: Jurnal Desain Komunikasi Visual, Manajemen Desain, dan Periklanan, 49-71.

Syofian, S., Setiyaningsih, T., & Syamsiah, N. (2015). Otomatisasi metode penelitian skala likert berbasis web. Prosiding Semnastek.

Downloads

Published

2022-02-14

How to Cite

Fitriyadi, F., Indriastiningsih, E. ., & Erkamim, M. (2022). Desain Interface Costumer Relationship Management (CRM) (Studi Kasus : CV Mediatama Percetakan). Jurnal Informasi, Sains Dan Teknologi, 5(02), 46–57. https://doi.org/10.55606/isaintek.v5i02.60