Pengembangan Usaha Dengan Model Business Model Canvas Pada Umkm Kembang Empat Di Kabupaten Fakfak

Authors

  • Muh Haidir Hakim Politeknik Negeri Fakfak
  • Arga Ramadhana Politeknik Negeri Fakfak

DOI:

https://doi.org/10.55606/isaintek.v6i02.94

Keywords:

Businnes Model Canvas, UMKM, Strategi Bisnis

Abstract

Indonesia merupakan negara produsen dan pengekspor biji dan fuli pala terbesar dunia, dengan pangsa pasar dunia sebesar 75 persen. Produksi pala di Papua Barat pada tahun 2021 yaitu 1,857 ton. Hal ini meningkat dari tahun sebelumnya, pada tahun 2020 produksi pala yaitu 1,658 ton.produk  olahan pala merupakan salah satu bentuk untuk peningkatan perekonomian masyrakat dengan memanfaatkan sumber daya daging pala yang melimpah. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan usaha Business Model Canva pada UMKM Kembang Empat di Kabupaten Fakfak. Metode  analisis  data yang  digunakan  dalam  penelitian  ini menggunakan business  model  canvas. Pengambilan  sampel  daerah  penelitian  dilakukan  secara  sengaja  ( purposive sampling).  Lokasi  yang  dipilih  adalah  UMKM Kembang Empat di Kabupaten Fakfak. Hasil penelitian ini adalah UMKM Kembang Empat menerapkan business model canvas belum maksimal, dan adanya tambahan  yang perlu diperhatikan kembali seperti key  activities memberi  brosur  umkm kembang empat  bagi  pengunjung  tempat produksi, cost structur biaya pemasaran dan biaya lainnya, customer relationships memberikan  gift/bonus   kepada   pelanggan   ataupun reseller, channel   online (Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada) dan offline (brosur). Selain itu, strategi bisnis yang tepat untuk diterapkan oleh UMKM Kembang Empat  berdasarkan analisis SWOT yaitu strategi SO (strenght opportunities) atau disebut strategi agresif adalah dengan meningkatkan kualitas produk dan menjadikan produk tersebut sebagai ole-ole khas fakfak. Sehingga penting bagi UMKM kembang empat memperhatikan kedua hal jika ingin berhasil mengembangkan usahanya.

References

BARAT, B. P. (2023, juni 05). Diambil kembali dari https://bbksda-papuabarat.com/rempah-dari-timur-indonesia-yang-telah-mendunia-pala-papua-myristica-argentea-warb/

Lince. (2003). Perbaikan Cita Rasa Sari Buah Pala Melalui Pengurangan Rasa Sepat dan Pemilihan Jenis Pala (Myristica Sp.). Bogor : Fakultas Teknologi Pertanian IPB.

Dhewanto, & DKK. (2015). Manajemen Inovasi untuk Usaha Kecil dan Mikro. Bandung: Alfabeta.

Oktapriandi, D., Purnomo, M. R., & Parkhan, A. (2017). ANALISIS PENGEMBANGAN MODEL BISNIS PADA INDUSTRI ANIMASI MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVASYANG TERBATASI BIAYA. Teknoin, 195-210.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Busines Model Gneration. Jakarta: PT. Elex Media.

Dudin, M. N., Lyasnikov, N. V., Leont'eva, L. S., Reshetov, K. J., & SIdorenko, V. N. (2015). Business Model Canvas as a Basis for the Competitive Advantage of Enterprise structures in the Industrial Agriculture. BIOSCIENCES BIOTECHNOLOGY RESEARCH ASIA, 887-894.

Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. jakarta: PT. Bumi Aksara.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers. New York: Wilay.

Xing, K., & Ness, D. (2016). Transition to product-service systems: principles and business model. Elsavier, 525-530.

Downloads

Published

2023-12-13

How to Cite

Hakim, M. H., & Arga Ramadhana. (2023). Pengembangan Usaha Dengan Model Business Model Canvas Pada Umkm Kembang Empat Di Kabupaten Fakfak. Jurnal Informasi, Sains Dan Teknologi, 6(02), 189–198. https://doi.org/10.55606/isaintek.v6i02.94