Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Beserta Kinerja Ruas Jalan Raya Sultan Agung Kota Bekasi

Authors

  • Ribut Nawang Sari Jakarta Global University
  • Aulia Choiri Jakarta Global University
  • Aldi Prianto Jakarta Global University

DOI:

https://doi.org/10.55606/isaintek.v6i1.115

Keywords:

Angka Ekivalen Kecelakaan, Kinerja Ruas jalan, Lokasi Rawan Kecelakaan, Upper Control Limit

Abstract

Kecelakaan dapat membuat kerugian secara material maupun merenggut nyawa seseorang. Salah satu kecelakaan yang sering terjadi berada pada jalan raya maupun jalan tol. Jalan Raya Sultan Agung terletak di Kecamatan Medan Satria, Kota Bekasi yang menampung arus lalu lintas arah Bekasi menuju ke arah Jakarta atau sebaliknya. Berdasarkan kecelakaan yang sering terjadi perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas jalan raya. Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) dihitung dengan rumus menjumlahkan kejadian kecelakaan dalam satuan kilometer atau satu segmen panjang jalan kemudian dikalikan dengan nilai bobot sesuai tingkat keparahannya. Adapun nilai bobot dari masing-masing tingkat keparahan yaitu yang pertama bobotnya 12 untuk meninggal dunia (MD), tiga untuk luka berat (LB), tiga untuk luka ringan (LR), dan satu untuk kerugian materi (K), setelah data korban kecelakaan diketahui maka bisa langsung melakukan perhitungan angka kecelakaan pada tiap-tiap segmen pada ruas jalan yang ada untuk dilakukan penelitian. Penentuan titik rawan kecelakaan dilakukan menggunakan metode statistika kendali mutu sebagai kontrol chart UCL (Upper Control Limit) di mana didasarkan dengan angka kecelakaan tiap kilometer atau segmen jalan yang memiliki nilai bobot (AEK) melebihi nilai batas UCL. Rata–rata kecelakaan diperoleh dari perhitungan jumlah terjadinya kecelakaan pada metode Angka Ekivalen Kecelakaan (AEK) yang akan digunakan untuk perhitungan selanjutnya pada metode Upper Control Limit. Setelah melakukan perhitungan dan pengamatan sepanjang ruas Jalan Raya Sultan Agung atau keseluruhan segmen terdapat bahwa segmen 3 dengan nilai AEK sebesar 153, nilai UCL sebesar 125,630 yang artinya nilai AEK 153 melebihi nilai UCL 125,630 dan Batas Kontrol Atas sebesar 133. Faktor penyebab kecelakaan dapat dilihat tidak diimbangi dengan prasarana dan sarana penunjang jalan raya. Hal ini dapat dilihat dari minimnya rambu lalu lintas, kurangnya kesadaran dari pengendara, marka jalan yang tidak menyeluruh dan beberapa marka jalan yang pudar, ketidaktersediaan pengaman pagar/trotoar sepanjang ruas Jalan Raya Sultan Agung.

References

Almaut, E. N., AS, S., & Kadarini, S. N. (2016). ANALISA KAPASITAS DAN KINERJA RUAS JALAN PERINTIS KEMERDEKAAN PONTIANAK. JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 3(3). https://doi.org/10.26418/JELAST.V3I3.17973

Andri, O., Widodo, S., & Mayuni, S. (2016). ANALISIS LOKASI RAWAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI JALAN TRANS KALIMANTAN (KUALA AMBAWANG – SIMPANG AMPAR). JeLAST : Jurnal PWK, Laut, Sipil, Tambang, 3(3). https://doi.org/10.26418/JELAST.V3I3.17661

BPK RI. (2006). Peraturan Pemerintah No. 34 Tahun 2006 tentang Jalan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/49132/pp-no-34-tahun-2006

Denisa, D. Y. (2019). ANALISIS KECELAKAAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN KAPTEN MULYADI KABUPATEN KARANGANYAR JAWA TENGAH [Universitas Maritim AMNI]. http://repository.unimar-amni.ac.id/584/

Dihni, V. A. (2022, March 24). Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Indonesia Meningkat di 2021, Tertinggi dari Kecelakaan Motor. Databoks Katadata Media Network. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/24/angka-kecelakaan-lalu-lintas-di-indonesia-meningkat-di-2021-tertinggi-dari-kecelakaan-motor

Direktorat Jenderal Bina Marga. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia.

Powell, J. L. (1998). Field Measurement of Signalized Intersection Delay for 1997 Update of the Highway Capacity Manual. Transportation Research Record: Journal of the Transportation Research Board, 1646(1), 79–86. https://doi.org/10.3141/1646-10

Pradana, M. F., Intari, D. E., & D, D. P. (2019). ANALISA KECELAKAAN LALU LINTAS DAN FAKTOR PENYEBABNYA DI JALAN RAYA CILEGON. Jurnal Kajian Teknik Sipil, 4(2), 165–175. https://doi.org/10.52447/JKTS.V4I2.1492

Roess, R. P., & Prassas, E. S. (2014). The Highway Capacity Manual: A Conceptual and Research History. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-05786-6

Sekretaris Negara RI. (2009). Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/38654/uu-no-22-tahun-2009

Downloads

Published

2023-05-27

How to Cite

Sari, R., Choiri, A. ., & Prianto, A. . (2023). Analisis Kecelakaan Lalu Lintas Beserta Kinerja Ruas Jalan Raya Sultan Agung Kota Bekasi. Jurnal Informasi, Sains Dan Teknologi, 6(1), 159–172. https://doi.org/10.55606/isaintek.v6i1.115