Tingkat Pencapaian Standar Waktu Pelayanan Pemanduan Kapal (Approach Time) di Pelabuhan Parepare
DOI:
https://doi.org/10.55606/isaintek.v6i1.106Keywords:
Approach Timer, Pelabuhan Parepare, Pemanduan KapalAbstract
Kinerja pelayanan pelabuhan adalah indikator untuk menilai hasil kerja suatu pelabuhan pada periode tertentu dan menggambarkan tingkat pelayanan yang diberikan kepada pengguna jasa yang meliputi pelayanan kapal dan pelayanan barang. Kinerja pelayanan dimulai pada saat kapal akan bersandar, kapal melakukan bongkar muat dan kapal lepas sandar dari pelabuhan. Kunjungan kapal di Pelabuhan Parepare terus meningkat dengan rata-rata peningkatan dalam 5 tahun terakhir sebesar 9,9%. Peningkatan kunjungan kapal ini harus diikuti dengan peningkatan pelayanan. Salah satu indikator pelayanan kapal adalah pemanduan kapal (approach time), dimana semakin lama waktu pemanduan kapal di pelabuhan maka semakin rendah tingkat pelayanan di suatu pelabuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pelayanan pemanduan kapal (approach time) terhadap standar pelayanan di Pelabuhan Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan studi pustaka. Data primer berupa proses dan lama pelayanan pemanduan kapal di lapangan. Data sekunder berupa data pelayanan pemanduan kapal pada periode tertentu; dan standar waktu pelayanan pemanduan kapal. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode peta kendali. Tahapan analisis dimulai dengan penentuan jumlah sampel, menentukan garis pusat/tengah (center line, CL), menentukan batas kendali bawah (lower control limit, LCL), menentukan batas kendali atas (upper control limit, UCL), dan mengevaluasi waktu pelayanan pemanduan kapal terhadap standar waktu pelayanan pemanduan. Hasil penelitian diperoleh beberapa kegiatan pemanduan kapal di Pelabuhan Parepare berada di bawah standar waktu yang ditetapkan Direktur Jendral Perhubungan Laut tentang Standar Pelayanan Operasional Pelabuhan untuk Pelabuhan Parepare sebesar 2 jam atau 120 menit. Rata-rata waktu pelayanan pemanduan (approach time) kapal di Pelabuhan Parepare membutuhkan waktu selama 120 menit (in & out). Waktu pemanduan kapal dibawah standar yakni Kapal Tanker 131 menit dan Kapal General Cargo 123 menit, sedangkan Kapal Kontainer dan Kapal Penumpang masing-masing 120 menit dan 105 menit masih diatas standar waktu pelayanan operasional pelabuhan.
References
Amaliyah, Rizka Septy, Akhmad Hasanuddin, and Willy Kriswardhana. 2020. “Analisis Tingkat Pelayanan Dermaga Pelabuhan Tanjung Wangi Kabupaten Banyuwangi.” Jurnal Rekayasa 10(1):45–55.
Ambali, Dian Pranata Putra, Henrianto Masiku, M. L. Paembonan, and Tandi Sirupang. 2021. “Tinjauan Tingkat Penggunaan Dermaga Pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo.” Dynamic Saint Journal 5(2):951–59.
Assauri, Sofjan. 1999. Manajemen Produksi Dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas ekonomi Universitas Indonesia.
Blanchard, B. 2014. Logistic Engineering and Management. 6 Edition. New Jersey: Pearson Prentice-Hall.
Direktur Jenderal Perhubungan Laut. 2011. Standar Kinerja Pelayanan Operasional Pelabuhan.
Firmansyah, Sy., M. ,. Rusli Anwar, and Alwafi Pujiraharjo. 2016. “Kajian Pengembangan Pelabuhan Makassar Dalam Menunjang Arus Bongkar Muat Di Pelabuhan Makassar.” Rekayasa Sipil 10(1):10–21.
Lasse, D. A. 2011. Manajemen Kepelabuhanan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Munah, Doriah Hasipatul, I. Wayan Suteja, and I. Gede Putu Warka. 2018. “Analisis Pengukuran Kinerja Pelabuhan Laut Lembar Berdasarkan Kriteria Kinerja Pelabuhan.” Jurnal Ganec Swara 12(1):1–10.
Triadmodjo, B. 2010. Perencanaan Pelabuhan. Yogyakarta: Beta Offset.