Strategi Pengembangan Desa Wisata Pala Kampung Nemewikarya Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Fakfak
DOI:
https://doi.org/10.55606/isaintek.v6i02.157Keywords:
Desa Wisata, Fakfak, Pala, SWOTAbstract
Fakfak merupakan kabupaten yang berpenduduk mayoritas beragama Islam yang memiliki 17 Wilayah Pemerintah Distrik dengan 142 kampung induk serta 7 kelurahan. Luas wilayah kabupaten ini adalah sebesar 14.320km2. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kekuatan, kelemahan, peluang dan anacaman pada desa wisata yang diteliti. Penelitian ini juga merumuskan starategi apa yang digunakan dalam memerdayakan masyarakat sekitar. Penelitian ini menggunakan analisis matriks SWOT. Dengan adanya penelitian ini, maka dapat menjadi solusi baru dalam membantu masyarakat meningkatkan pendapatan dan peningkatan daya saing tanaman pala. Target luaran penelitian ini adalah menghasilkan informasi terkait strategi yang dapat digunakan dalam pengembangan desa wisata pala. Selain itu, penelitian ini juga akan menghasilkan publikasi pada jurnal nasional terakreditasi (sinta 2) dan uraian Tingkat Kesiapan Teknologi (TKT) berada pada level 2. Hasil penelitian menempatkan strategi kampung Nemewikarya pada kwadran I yaitu strategi progresif, hasil dari analisis data diketahui bahwa O > S (opportunity lebih besar daripada) sesuai dengan strategi progresif. Strategi ini merupakan salah satu strategi yang sangat cocok untuk organisasi yang masih berkembang dengan segala kekuatan dan kekurangannya. Pariwisata Kampung Nemewikarya memiliki peluang besar untuk menarik wisatawan walaupun masih ada kelemahan-kelemahan. Salah satu kekurangan yang sangat menonjol bahwa Kuliner makanan yang belum mencukupi bagi pengunjung serta masih kurangnya promosi baik melalui media cetak maupun media elektronik.
References
BPS. Kabupaten Fakfak Dalam Angka. Penerbit Badan Pusat Statistik Kabupaten Fakfak. 2019 Apr.
Fanani, S., M. Pemberdayaan Petani Padi Dalam Meningkatkan Ketahanan Pangan Di Masa Pandemi Covid 19 Di Kelurahan Keniten Kec.Ponorogo Kab.Ponorogo. JCD: Journal of Community Development and Disaster Management, 2021; 3 (1): 13-23
Kotler, Philip, Marketing Manajemen. PT Indeks; 2003.
Lakupais, N. Analisis Pendapatan Petani Pala Di Kampung Brongkendik Distrik Fakfak Tengah Kabupaten Fakfak. JUMABIS (Jurnal Manajemen & Bisnis), 2019; 8(2):8 – 24
Mustafril, Green Economic Growth for Papau Province. Tata Kelola Pasca Panen Pala. Pendampingan dan Bimbingan Teknis Pengelolaan Komoditas Pala, Fakfak; 2021 Apr.
Nisin, M., & Asyik M. F. Strategi Pemberdayaan Petani Pala Dalam Meningkatkan Kualitas Tanaman Pala Oleh Dinas Perkebunan Di Kabupaten Fakfak. Jurnal Terapan Pemerintahan Minangkabau, 2022; 2 (1):73-91.
Pratama R., Harahap M., & Muhandri T. Value Chain Study Of Papua Nutmeg In Fakfak District: Studi Rantai Nilai Pala Papua di Kabupaten Fakfak. Agroindustrial Technology Journal, 2019; 3(2):61 51
Soekadijo,. Anatonomi Pariwisata. PT Gramedia. Jakarta; 1997
Sunaryo,B.. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata. Gava Media.Yogyakarta; 2013
Tjiptono, dkk, 2008. Pemasaran Strategik.Penerbit ANDI Yogyakarta.